HIDUP BAHAGIA

06.31 Diposting oleh dzero buletin


Buku Happy People yang ditulis oleh seorang David Niven, Ph. D, merangkai 100 rahasia untuk membuat hidup bahagia., diantaranya :
1. Tanamkan persahabatan 
“Nyalakanlah kembali api persahabatan lama. Raih pula kesempatan di tempat kerja dan tempat tinggal untuk membina persahabatan baru. Seseorang perlu menjadi bagian dari orang lain. Kita butuh untuk memperhatikan dan diperhatikan oleh sesame.”
2. Matikan TV 
“Televisi adalah tontonan lezat yang mengalihkan perhatian kita dari hal-hal paling penting dalam kehidupan.”
3. Terimalah diri sendiri seperti apa adanya
“Diri Anda tidak diukur dari besar kecilnya rekening tabungan Anda, elit tidaknya lingkungan tempat tinggal Anda, ataupun jenis pekerjaan Anda. Anda, sdebagaimana setiap orang lainnya, adalah perpaduan istimewa yang rumit dan sukar untuk digambarkan. Perpaduan antara berbagai kelebihan dan keterbatasan.”  
4. Ingatlah darimana anda berasal
“Pikirkan dan ingatlah dari suku asli mana Anda berasal. Seringkali kita bagaikan tersesat di dunia yang luas dan kompleks. Kita akan merasa nyaman jika dapat mengetahui warisan budaya kita. Hal ini member kita suatu sejarah, suatu rasa keterikatan terhadap tempat, suatu keunikan yang tetap ada, entah apa pun yang terjadi di sekitar kita.”
5. Pikirkan satu subjek saja, saat menjelang tidur
“Cobalah untuk memikirkan apa yang Anda senangi saat berbaring. Jika pikiran-pikiran yang lain mengganggu, bawa pikiran Anda kembali pada satu hal yang Anda senangi itu.” 
6. Milikilah harapan yang realistis
“Orang yang mengejar cita-cita yang tinggi ternyata tidak lebih bahagia dai orang yang berusaha mencapai cita-cita yang sederhana. Janganlah membandingkannya dengan orang-orang terkaya atau keluarga paling ideal di dunia. Tetaplah realistis dan berusahalah untuk menjadikan segala sesuatunya lebih baik. Bukannya sempurna.”
7. Usia tidak perlu ditakuti
“Orang-orang berusia lanjut sama bahagianya denghan orang-orang yang lebih muda. Ketika mereka harus menyesuaikan diri terhadap usianya, banyak dari mereka yang menemukan ketenangan batin dalam hidupnya.”

8. Olahraga
“Orang-orang yang melakukan olahraga, baik itu intensif atau sekedar rutin berjalan-jalan, akan merasa lebih sehat, lebih baik, dan lebih menikmati hidup.”
9. Tertawalah
“Jangan habiskan waktu Anda untuk mengevaluasi suatu lelucon dan menanyai diri Anda sendiri, “Apakah ini benar-benar lucu?” atau “Apakah orang lain pikir ini lucu? Bereaksi dan nikmati sajalah!”
10. Sibuk lebih baik daripada bosan
“Carilah sesuatu untuk dikerjakan. Terlalu banyak yang harus dikerjakan jauh lebih baik daripada merasa bosan karena tidak ada yang bisa kita kerjakan.“
11. Belajarlah menggunakan komputer
“Baik mereka yang berusia 8 tahun maupun 98 tahun akan memperoleh pengalaman menakjubkan dari keajaiban dunia dan teknologi dengan ‘memanfaatkan komputer’.” 
12. Makanlah buah setiap hari
“Orang yang gemar makan buah merasa senang dengan apa yang mereka makan. Mereka menjadi kurang berminat pada makanan tidak sehat, dan pada akhirnya merasa dirinya lebih baik.”

13. Dapatkan tidur malam yang cukup
“Jangan menghemat waktu tidur Anda. Istirahat malam secara penuh merupakan bahan bakar bagi hari berikutnya. Orang-orang yang memiliki istirahat cukup merasakan pekerjaannya lebih baik dan lebih nyaman saat hari usai.”
14. Miliki pena dan kertas siap pakai
“Orang-orang sering frustasi karena tidak dapat mengingat gagasan bagus yang mereka dapat kemarin malam. Mereka yang selalu memegang catatan kecil akan lebih merasa terkendali dan sedikit kehilangan.”
15. Dengarkan musik 

“Musik berkomunikasi dengan kita di berbagai level yang berbeda. Musik favorit juga mampu menghantarkan kita ke tempat favorit kita.” (Era)






6 komentar:

  1. Sang Penunggu Istana Daruddunia mengatakan...

    Mantap dech sharing nya...jadi tambah dalam wawasan saya setelah mencerna isi postingan ini...Thanks ya

  2. dzero buletin mengatakan...

    @bayeun teureubang:
    makasih. senang bisa berbagi manfaat.
    sering2 main k sini ya:)

  3. Anonim mengatakan...

    tfs...

    btw..
    utk point kedua..kayaknya skrg bisa ditambah dengan not using to much internet..
    make internet(buat nonton, chat dsb) kayaknya sama aja dengan nonton tv..ngalihin kita dr banyak hal2 penting..

  4. dzero buletin mengatakan...

    @virtual-mee:
    benar,
    memang, telalu banyak media vietual di sekitar kita mengalihkan kita dari hal2 penting di kehidupan
    terima kasih telah berbagi

  5. Liza Marthoenis mengatakan...

    Bahagiakah aku? yaaa, sangat bahagia...heheeehh

  6. razi*+* mengatakan...

    tinta pena seperti ini lah yg aku harapkan, positif, menyenangkan, dan tidak sekedar menginformasikan. Good Luck for Us.

Posting Komentar